UNSUR ESTETIS DAN FUNGSIONALITAS DESAIN MITSUBISHI XFORCE BERHASIL MEMENANGKAN GELAR INTERNASIONAL DI IF DESIGN AWARD 2024

18 Maret 2024

UNSUR ESTETIS DAN FUNGSIONALITAS DESAIN MITSUBISHI XFORCE BERHASIL MEMENANGKAN GELAR INTERNASIONAL DI IF DESIGN AWARD 2024

iF DESIGN AWARD adalah salah satu penghargaan desain paling bergengsi di dunia yang diselenggarakan oleh iF International Forum Design GmbH yang berbasis di Hannover, Jerman. Tahun ini, unsur estetis dan fungsionalitas desain Mitsubishi Xforce berhasil memenangkan gelar bergengsi di iF Design Award 2024.

Sekadar informasi, iF DESIGN AWARD 2024 diikuti sekitar 11.000 karya yang dari 72 negara yang dinilai oleh 132 juri yang terdiri para pakar desain internasional. Mereka menilai berdasarkan lima kriteria, yakni: ide, bentuk, fungsi, diferensiasi, dan dampak.

Seperti dikutip dari website resmi iF DESIGN AWARD soal penilaian kemenangan Mitsubishi Xforce: “Xforce merupakan SUV kompak yang memberikan kenyamanan dan kepraktisan termasuk kabin luas dan ruang penyimpanan serbaguna yang seimbang dalam ukuran bodi yang dapat bermanuver, dengan menawarkan pengendalian dan pengendaraan yang aman serta terjamin dalam berbagai cuaca atau kondisi jalan di ASEAN. Berdasarkan konsep desain Silky & Solid, bodi bagian atas mengekspresikan kelembutan yang lapang, sedangkan bodi bagian bawah mengadopsi proporsi yang kokoh dan bertenaga, menciptakan SUV yang stylish, kokoh, dan otentik. Di dalamnya, meter cluster-nya mudah dibaca dengan layar di tengah yang mudah dioperasikan untuk mengekspresikan fungsionalitas dan nuansa canggih.”

Mitsubishi Xforce secara genetis memang dirancang  untuk menguatkan kesan tangguh tanpa mengesampingkan kenyamanan dan unsur desain kekinian. Sehingga membuat compact SUV ini sukses menjadi yang terbaik di kelasnya.

Beberapa kelebihan desain eksterior dan interior Mitsubishi Xforce antara lain:

  • Desain yang Futuristik. Desain eksterior dengan konsep silky and solid, identitas desain ‘Dynamic Shield’ generasi baru, Lampu utama dengan bentuk “T-Shape” yang unik sesuai dengan lekuk bodi yang futuristis, namun dibarengi fungsi penerangan yang secara maksimal memastikan jarak pandang lebih luas di malam hari; Stylish Rear Combination Lights; yang dipadukan dengan ban berukuran 18” menghasilkan profil kuat dari sebuah autentik SUV. Menggabungkan aspek modernitas dan kekokohan sebuah SUV yang membuatnya jadi pusat perhatian.

  • Interior yang prestisius. Interior terkini dengan nuansa yang modern dilengkapi dengan horizontal axis instrument panel dengan melange dan mocha interior, floating console, dan ambient lighting

  • Hands-free Power Liftgate, memberikan kemudahan dan kepraktisan membuka pintu bagasi dengan sensor kaki

  • Iconic Rear Combination Lamp. Lampu belakang yang dilengkapi LED dirancang menarik secara desain, serta mudah terlihat oleh pengendara lain dan pejalan kaki.

  • Distinctive Wheel Design. Desain velg yang impresif menggambarkan kedinamisan sebuah Mitsubishi XFORCE dibawa ke segala medan.

  • Luxury Ambiance. Balutan bahan fabric pada dasbor dan door trim dengan aksen white melange serta mocca yang digabungkan dengan Smartphone-link Display Audio dan Digital Driver Display, sukses membuat nuansa kabin Mitsubishi XFORCE terlihat mewah dan canggih.

  • Storage. Kabin Mitsubishi XFORCE memiliki banyak ruang penyimpanan kecil, sekurangnya terdapat 18 buah. Masing-masing adalah passanger tray, glove box, door trim storage, side pocket, console tray, floor console box, console cup holder, coin box, coin tray, seat under tray, smartphone pocket, seat back pocket, smartphone pocket, door trim storage, cup holder middle arm rest, quarter trim pocket, dan ruang penyimpanan serbaguna.

  • Multi-Arrange Luggage Space. Kabin Mitsubishi XFORCE menawarkan ruang yang lebih dari cukup untuk barang bawaan besar, dengan menyediakan lantai ruang kargo yang dapat disesuaikan ketinggiannya.

“Kami benar-benar merasa terhormat menerima salah satu penghargaan desain paling terkemuka di dunia untuk dua model baru yang kami luncurkan pada tahun fiskal ini. Saya yakin setiap model diakui karena mengekspresikan karakternya dalam bentuk yang unik. Xforce mengadopsi tampilan yang lincah sekaligus memadukan ketangguhan, yang merupakan ciri khas desain Mitsubishi Motors. Penghargaan ini akan menjadi kekuatan pendorong kami dalam memperkenalkan Triton dan Xforce ke lebih banyak pelanggan," kata Seiji Watanabe, Division General Manager of Design Mitsubishi Motors.

Dengan keberhasilan Mitsubishi Xforce mendapatkan gelar desain terbaik pada iF DESIGN AWARD ini, artinya melengkapi dua penghargaan internasional bergengsi lainnya yang sudah diraih sebelumnya: VMARK Vietnam Design Award 2023 dalam kategori Desain Transporttasi Terbaik, dan dari Good Design Award 2023 yang diselenggarakan oleh Japan Institute of Design Promotion. di Indonesia sendiri, Mitsubishi Xforce telah menerima penghargaan sejak diluncurkan dalam world premiere di ajang GIIAS 2023 dengan gelar “Favorite Passenger SUV” dari ajang yang sama; penghargaan “Best Newcomer Award” dari ajang Carvaganza Editors’ Choice Award 2023; dan juga “Favorite Car ICE Category” dari Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) 2023.

Mendampingi Mitsubishi Xforce, Mitsubishi Triton juga memenangkan iF Design Award 2024. “Berdasarkan konsep desain ‘BEAST MODE’, Triton dirancang untuk mengekspresikan ketangguhan dan kekuatan yang diharapkan dari sebuah truk pikap.” - seperti dikutip dari website resmi iF DESIGN AWARD.

Untuk informasi selanjutnya bisa baca di sini: MITSUBISHI XFORCE MEMENANGKAN “iF DESIGN AWARD 2024”

 

Source: Mitsubishi Motors Indonesia