PENTINGNYA FUNGSI DEFOGGER SAAT MUSIM HUJAN

09 Desember 2020

PENTINGNYA FUNGSI DEFOGGER SAAT MUSIM HUJAN

Saat ini, semua mobil penumpang mobil Mitsubishi Motors terbaru sudah dilengkapi dengan defogger. Fungsi utamanya untuk menghalau kabut yang terjadi di kaca belakang atau kaca belakang bagian samping untuk sebagian tipe kendaraan. Bentuknya seperti garis atau sejumlah filamen yang menempel pada kaca.

Ketika defogger diaktifkan, arus listrik akan melewati filamen itu dan menghasilkan panas. Kemudian, dari panas itu yang mencegah pengembunan atau kabut yang terjadi karena perbedaan suhu di dalam kabin dan di luar mobil, sehingga pandangan keluar kaca tetap jelas.

Defogger akan sangat berguna saat kondisi cuaca basah atau musim hujan, di mana visibilitas bisa lebih maksimal dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Namun, banyak pengemudi yang belum mengetahui fungsi komponen tersebut, dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan defogger tersebut.

Misalkan sedang berkendara dalam kodisi hujan lebat dan mulai terjadi pengembunan di kaca belakang. Segera aktifkan defogger agar pandangan ke belakang mobil tidak terganggu. Jadi, dengan mengaktifkan defogger, visibilitas pengemudi bisa lebih maksimal dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Perhatikan juga cara penggunaannya ya, yaitu hanya mengaktifkan defogger saat dibutuhkan saja. Ketika sudah terdeteksi embun atau kabut di kaca belakang, baru hidupkan. Jangan baru hujan sudah diaktifkan. Kemudian langsung matikan setelah embun atau kabut hilang.

Sering terjadi, pemilik mobil tetap menyalakan defogger padahal di kaca sudah tidak ada embun. Indikator defogger aktif hanya dari lampu yang ada di tombol dashboard, atau bisa Anda cek apakah kaca terasa panas atau hangat.

 

Source: Mitsubishi Motors Indonesia