APA YANG HARUS DILAKUKAN PENGENDARA DALAM KEADAAN DARURAT?

28 Februari 2024

APA YANG HARUS DILAKUKAN PENGENDARA DALAM KEADAAN DARURAT?

Bingung dan perasaan takut biasanya muncul ketika kita menghadapi situasi tak menguntungkan ketika berkendara. Apalagi berkaitan dengan kerusakan sisi teknis mobil. Padahal dengan tetap bersikap tenang, akan membuat kita bisa berpikir jernih untuk mencari jalan keluar. Nah, lalu apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat?

Kendaraan Mogok

  • Apabila kendaraan mogok di perjalanan, pinggirkan kendaraan ke bahu jalan dan hidupkan lampu hazard serta pasang segitiga peringatan.

  • Jika mesin tidak dapat dihidupkan karena baterai (accu) lemah atau mati, baterai dari kendaraan lain dapat dipakai untuk menghidupkan mesin dengan menggunakan kabel jumper. Atau bisa hubungi Mitsubishi Motors Care 24 jam untuk membantu pengecekan kondisi baterai dan pen-jumper-an.

  • Jika Anda tidak bisa mengidentifikasi kerusakan yang menyebabkan mobil mogok, segera hubungi bengkel resmi Mitsubishi Motors atau layanan darurat Mitsubishi Motors Care 24 jam di nomor 0804130300.

Mesin Terlalu Panas

Ketika mesin bekerja terlalu panas dan overheat, akan muncul logo pemberitahuan di dasbor secara berkedip. Jika hal ini terjadi, ambil langkah-langkah perbaikan berikut:

  1. Berhentikan kendaraan di tempat yang aman.

  2. Periksa apakah uap berasal dari ruang mesin. Matikan mesin, dan bila uap berhenti, angkat kap mesin untuk memberikan ventilasi pada ruang mesin.

  3. Pastikan kipas pendingin mesin berputar. Jika tidak segera hubungi bengkel resmi Mitsubishi Motors terdekat.

  4. Periksa level air pendingin mesin (radiator) melalui tabung cadangan (reservoir). Kalau kurang, segera tambahkan.

  5. Periksa selang radiator dari kebocoran dan drive belt dari kekenduran dan kerusakan. Jika terdapat kerusakan segera hubungi bengkel resmi Mitsubishi Motors terdekat untuk diperbaiki.

Ban Bocor

Ketika ban kehabisan tekanan angin akan sangat terasa oleh pengemudi. Indikasinya mobil terasa oleng atau setir condong menarik ke arah tertentu. Kalau sudah seperti itu, segera pinggirkan mobil ke tempat aman. Dan segera ambil langkah penggantian ban seperti berikut:

  • Pastikan lokasi parkirnya rata, stabil, dan bebas kerikil atau bebatuan. Lalu pasang rem parkir dengan baik dan benar.

  • Pada kendaraan M/T, matikan mesin dan pindahkan tuas gigi ke posisi “R” (reverse). Pada kendaraan A/T, pindahkan tuas selektor ke posisi “P” (park) dan matikan mesin.

  • Nyalakan lampu hazard dan pasang segitiga pengaman pada jarak yang mencukupi dari kendaraan, dan keluarkan semua penumpang dari kendaraan.

  • Keluarkan dongkrak dan kunci roda dari bagasi. Untuk beberapa model mobil Mitsubishi Motors, posisinya berada di dinding bagasi yang tertutup. Ban cadangan turunkan juga, posisinya di bawah bagasi.

  • Untuk mencegah kendaraan menggelinding ketika diangkat dengan dongkrak, letakkan pengganjal atau balok pada ban secara diagonal berlawanan dengan ban yang diganti.

  • Ganti ban yang bocor dengan ban cadangan dan simpan kembali peralatan yang digunakan ke tempatnya semula. Anda sudah bisa berjalan kembali.

Menderek Kendaraan

Jika diperlukan untuk menderek, sebaiknya dilakukan oleh diler resmi Mitsubishi Motors atau layanan truk derek komersial. Bisa menghubungi layanan darurat Mitsubishi Motors Care 24 jam di nomor 0804130300.

Nah, pada keadaan-keadaan berikut, sebaiknya angkut kendaraan dengan truk derek:

  • Mesin hidup tetapi kendaraan tidak bergerak atau timbul suara tidak normal.

  • Pemeriksaan di bawah kendaraan menunjukkan bahwa ada kebocoran oli atau cairan lainnya.

  • Jika roda terjebak di parit atau lainnya.

Tips Menghadapi Situasi Darurat Untuk Wanita dan Pengemudi Awam

  1. Mencegah lebih baik dari mengobati. Untuk memperkecil terjadinya situasi darurat terkait teknis mobil, sebaiknya pastikan kondisi kendaraan layak jalan dengan cara melakukan servis kendaraan secara berkala di bengkel resmi Mitsubishi Motors.

  2. Jangan panik agar bisa mengontrol persepsi dan logika. Ketika terjadi situasi darurat segera lambatkan laju mobil dan berhenti di tempat yang aman. 

  3. Pasang segitiga pengaman dan aktifkan lampu darurat lainnya untuk memberitahu pengemudi lain kalau kendaraan kita bermasalah.

  4. Selalu simpan nomor bengkel resmi atau layanan darurat Mitsubishi Motors Care 24 jam untuk mencari bantuan perbaikan.

  5. Selama menunggu bantuan, sebaiknya duduk di dalam mobil dan amankan barang berharga. Selalu waspada terhadap potensi kejahatan yang mungkin timbul dalam situasi darurat.

source: Mitsubishi Motors Indonesia