Pabrik Baru Mitsubishi Sudah 90 Persen

16 Mei 2016

1636496Mitsubishi-pabrik3780x390

Denpasar, KompasOtomotif -  Meski diselimuti kabar akuisisi oleh Nissan, proses pembangunan pabrik baru Mitsubishi di Kawasan Industri GIIC, Deltamas, Bekasi, terus berjalan dan dikabarkan sudah mencapai 90 persen. Artinya, sedikit lagi fasilitas yang dioperasikan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) itu bakal memulai aktivitas.

Dalam acara media test drive All New Pajero Sport di Bali, akhir pekan lalu, Irwan Kuncoro, Operating GM MMC Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menjelaskan, pembangunan pabrik terus berjalan. Bahkan bisa dipastikan siap mulai beroperasi sesuai dengan rencana, yakni April tahun depan. “Kalau perkembangan detailnya saya belum bisa menginformasikan, tetapi nanti ketika resmi beroperasi akan dimulai memproduksi All NewPajero Sport,” ujar Irwan. Lanjut Irwan, mengenai update produksi Pajero Sport belum bisa diinformasikan lebih lanjut .

Sebab, harus menunggu semua fasilitas di pabrik selesai. Secara keseluruhan, kapasitas pabrik itu mencapai 160.000, komposisinya Pajero Sport 30.000, L300 30.000 unit, Small MPV80.000 (pasar domestik 60.000, ekspor 20.000). “Untuk ekspor, spesifikasinya akan diproduksi sesuai dengan regulasi negara masing-masing. Tujuannya pasar ASEAN, Amerika Latin,” kata Irwan. Sebelumnya, pernah diinformasikan jika pabrik baru ini sudah beroperasi, maka fasilitas milik KTB di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur, tetap beraktivitas dengan total produksi 150.000 unit per tahun. Di pabrik tersebut, Mitsubishi memproduksi Colt T120, Colt L300, Fuso, dan Outlander Sport. Saat pabrik baru di Bekasi mulai beroperasi, pabrik lama hanya akan memproduksi kendaraan niaga saja.

Sumber: otomotif.kompas.com