Mitsubishi Siapkan Mirage Versi Evo

05 Juni 2012

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) terbilang berhasil mengembangkan varian Evolution (Evo) pada Lancer dan hingga kini penjualannya sudah masuk generasi Evolution X. Bahkan di arena reli dunia, Lancer Evo sempat menorehkan prestasi melalui generasi II dan III oleh pereli Tommi Makkinen. Kali ini, Mitsubishi mencoba menggunakan model Mirage. Konsep pengembangan yang dijalankan MMC pada Mirage sama seperti di Lancer, yakni dengan perbedaan tampak pada eksterior dan performa mesin. Kendati jantung pacu tetap menggunakan mesin 3 silinder, kapasitasnya yang 1,2 liter dinaikkan menjadi 1,5 liter. Plus turbocharger, tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 150 PS. Berat bodi dibuat lebih ringan menjadi 900 kg.

Dengan begitu, akselerasi dan kecepatan bisa dicapai secara maksimum karena memiliki rasio tenaga terhadap berat (power-to-weight-ratio) yang optimal. Sebagai pembeda dari sisi penampilan, desain luar dimodifikasi dengan mengambil inspirasi gaya mobil balap yang sudah diterapkan pada Lancer Evo. Bemper agresif dengan beberapa lubang angin akan dipasang di depan-belakang lengkap dengan tambahan body kit. Kap mesin juga menggunakan celah untuk membuang panas ruang mesin. Pelek diganti dengan ukuran lebih besar. Guna mendapatkan daya cengkeram dan stabilitas yang baik, suspensi ditukar dengan yang lebih kaku.

Sementara itu, untuk mengimbangi tenaga yang bertambah, sistem rem juga disesuaikan agar mampu mengurangi laju dengan baik. Jika berjalan mulus, rencananya MMC akan memasarkan varian ini pada musim panas 2013 dan hanya dijual dalam versi jalan raya, tidak seperti Lancer Evo yang menyediakan varian untuk balapan. Diharapkan, Mirage Evo bisa bersaing di pasar dengan Fiat Abarth 500, Renult Twingo RS, dan sesama pendatang baru VW Up! GT di pasar Eropa.

sumber: Kompas Otomotif