Mitsubishi Outlander Sport dan Delica

16 November 2015

1425479DELICA780x390

Jakarta, KompasOtomotif – Akhir pekan lalu, selain konsumen dan komunitas pengguna mobil Mitsubishi, sejumlah awak media otomotif nasional juga mendapat kesempatan menguji Outlander Sport dan Delica di Car Park Area, Horse Racing Circuit, Pulomas, Jakarta Timur. Kegiatan ini, intinya menguji fitur-fitur yang dimiliki oleh kedua model Mitsubishi. PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mitsubishi di Indonesia ingin menunjukkan kelebihan dari dua model andalannya ini. Mulai dari ground clearance tinggi, serta kelengkapan beberapa fitur tambahan, seperti hill start assist, ABS (anti-lock braking system), dan EBD (electronic brakeforce distribution). Intinya, Mitsubishi mau memastikan konsumen pengguna kendaraannya aman dan nyaman, saat melintasi kondisi jalan di Indonesia yang banyak lubang, tanjakan, turunan, sampai genangan air.

0224548delica-banjir780x390

Anti-Genangan Pengujian ground clearance dilakukan melalui dua medan uji yang sudah disiapkan panitia. Pertama, tumpukan batang pohon kelapa yang disusun diagonal, pada jalur yang akan dilalui kedua model kendaraan. Ibarat polisi tidur yang tinggi, gundukan batang pohon kelapa yang disediakan, mampu dilalui Delica tanpa masalah. Guncangan begitu terasa di dalam kabin saat melewati batang pohon, tetapi ini lumrah, karena cukup tinggi hambatan yang harus dilalui. Tes kedua, melewati genangan air buatan, seperti kolam ikan dengan kedalaman 40 cm. Awalnya KompasOtomotif ragu, apakah Delica mampu melaluinya, tapi berkat masukan dari instruktur yang duduk di sebelah, akhirnya bisa dilalui dengan mudah. Cukup menjaga tekanan pada pedal terjaga, sehingga kecepatan konstan. Dari data teknis, Delica memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni 190 mm, sedangkan Outlander Sport 195 mm. 2043331outlander780x390

“Outlander Sport dan Delica sama-sama aman melewati genangan air atau banjir setinggi 40 cm. Karena, keduanya ini memiliki ground clearance yang tinggi. Cocok untuk dikendarai di Indonesia khususnya Jakarta yang sering banjir,” kata Brand Ambassador Mitsubishi Rifat Sungkar. Tes selanjutnya, adalah mengatahui fungsi fitur ABS dan EBD pada medan jalan yang dibuat basah. Untuk merasakan sensasinya, pengemudi diminta menginjak gas, kemudian hentakkan pedal rem sedalam-dalamnya. Hasilnya, meski jalan licin, arah kendaraan masih bisa dikendalikan ke kanan atau ke kiri sesuai kebutuhan. Tanpa kedua fitur ini, rem akan mengunci, mengakibatkan arah mobil tidak bisa dikendalikan. Kendaraan akan meluncur maju tanpa kendali, berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal. “Di Delica ini tersedia ABS dan EBD, sehingga saat melakukan pengereman mendadak khususnya di jalanan basah dan licin mobil tetap stabil atau tidak ngebuang ke kiri atau kanan. Karena fungsi kedua fitur itu mengatur tekanan rem pada setiap roda agar bisa mendapatkan daya cengkram sehingga kendaraan tetap terkontrol,” ujar Rifat.

Sumber: otomotif.kompas.com