Mencermati Pesona Mitsubishi Outlander Sport

11 July 2012

Jakarta, Kompas Otomotif - Hal pertama yang menarik dari Mitsubishi Outlander Sport adalah ketika diberi tahu harganya, paling bawah (standar) Rp 289 juta dan paling tinggi 325 juta. Untuk kisaran harga serupa dan mesin, kompetitor paling dekat adalah Suzuki Grand Vitara baik 2.0 liter maupun 2,4 liter. Untuk dimensi, Grand Vitara lebih panjang 378 mm, begitu juga dengan jarak antar-sumbu roda. Sebagai pembanding, panjang, lebar, tinggi dan jarak sumbu roda Suzuki Grand Vitara adalah 4.673, 1.849, 1.756 dan 2.707 mm.

Kompak

Outlander Sport dengan panjang x lebar x tinggi: 4.295 x 1.770 x 1.625 dan jarak sumbu roda 2.670 mm, termasuk SUV kompak sama dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Bahkan Rush dan Terios lebih panjang (dimensi Rush dan Terios: 4.450 mm, tinggi 1.745,1.740 dan jarak sumbu roda 2.685 mm). Namun dari segi penampilan, mesin dan harga, Outlander Sport berada di atas kedua SUV terlaris di Indonesia tersebut Dimensi kompak inilah yang membuat Mitsubishi menargetkan Outlander untuk para anak muda perkotaan yang ingin merasakan mobil dengan postur lebih tinggi dengan kenyamanan sedan. Karena itu pula, yang dipasarkan adalah versi 4x2, sedangkan 4x4 harus melihat permintaan konsumen. Faktor itu pula yang menyebabkan Mitsubishi memberi tag line “The Legend Meets Urban Soul”.

Perbedaan

Dari segi penampilan, ketiga varian Outlander Sport ini tidak berbeda jauh. Hanya dari dekat bisa diketahui. PX- varian paling top – menggunakan lampu HID atau xenon dengan autolevelling (lampu mengatur ketinggian sorotnya secara otomatis) dan panoramic glass roof. Sedangkan ukuran ban yang digunakan sama. Pada interior, PX yang menggunakan transmisi otomatik CVT, dilengkapi dengan paddle shift,memungkinkan pengemudi memindahkan gigi secara manual. Jok yang berlapiskan kulit hanya ada pada PX dan GLS, sedangkan GLX menggunakan fabric. Tambahan lain pada PX, panel meter kontras dan tombol start/stop mesin. Head unit dengan layar 7 inci 2DIN yang bisa memainkan DVD, CD, MP3, WMA, Radio AM/FM, koneksi USB, Bluetooth digunakan pada seluruh varian. Audio bisa dikontrol melalui tombol di setir. Kelengkapan audi lainnya, menggunakan 6 speaker, terdiri dari 4 speaker bas dan medium dan dua tweeter. Lainnya, berdasarkan brosur yang diterbitkan Mitsubishi sama, termasuk lampu kabut dengan pinggiran bezel dikrom. Sedangkan warna hanya lengkap untuk PX, tidak ada merah dan biru untuk tipe GLS dan GLX.

Fitur keselamatan

Ketiga varian, dilengkapi sistem keamanan aktif yaitu 4 anti-lock braking system (ABS), electronic braking force distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Perlengkapan keselamatan pasif  yang tersedia adalah kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan, serta pembebas pedal rem. Untuk yang terakhir, pedal rem akan melipat bila bagian depan mobil bertabrakan. Dengan cara ini, cedera kaki pengemudi bisa dicegah tanpa mempengaruhi kerja rem. Untuk efisiensi, Mitsubishi kini mengunakan power steering yang digerakkan oleh motor listrik (electric power steering/EPS). Sedangkan mekanismenya, akan patah, bila terjadi tabrakan sehingga tidak menghantam kaki pengemudi. Sistem keamanan lainnya adalah brake override system (smart pedal), sensor yang memastikan mobil tidak akan tancap gas bila pedal gas dan rem ditekan bersamaan. Bila kondisi ini terjadi, sensor langsung memastikan pengemudi melakukan cara yang salah atau tidak normal. Komputer akan langsung memperlambat laju kendaraan

Kesan visual

Kesan sementara yang diperoleh Kompas Otomotif melihat sosok dan interior Outlander Sport sangat menarik. Gril trapesium besar, dari bibir atas kap mesin sampai ke bemper bawah merupakan ciri mobil sport kontemporer. Interior berkesan mewah dengan jok dan setir dilapis kulit asli, head unit 2DIN, desain pengontrol AC dan tentu saja panel instrumen dengan dua bulatan tiga dimensi. Saat coba duduk di jok kemudi sembari memegang setir, posisi terasa mantap sembari kaki mengoperasikan pedal gas dan rem. Ergonomis!

sumber: Kompas Otomotif